Wednesday, March 21, 2012

Nasi Gurih ala mertua.. gampang bgt masaknya + enakk ^^

Pulang dari Aceh, mertua gw ngajarin gw resep baru...
Kali ini resepnya berhubungan dengan Nasi..
yap!! NASI!
salah satu pangan favorit gw...
walaupun katanya gak boleh banyak2 makan nasi, bisa diabetes ntar...

nah resep nya itu disebut NASI GURIH...
pertama kali yg gw bayangin adalah Malaysia, ya, karena selama gw kuliah disana,
tiap pagi gw makan nasi "begituan", kalo disana si namanya nasi lemak ya,
kalo di resto org india, namanya nasi briyani....
bau nya itu loh, khas....

nah resepnya tu...
gampang lah...


1. Beras, dicuci bersihh...
masukin ke rice cooker (kaya mau masak nasi biasa aja)

2. Banyaknya air kaya buat masak nasi aja, tapi jangan lupa masukin sedikit santan ya ke berasnya, pake yang sachetan aja biar praktis.

3. Diblender:
bawang merah, bawang putih, daun lawang, kapulaga (gw nyebutnya Kapol wkwk), garam, mecin, penyedap rasa, gula putih sedikit, jahe sedikitttt, lada/merica putih

trus kalo udh alus, tu bumbu di TUMIS..

pake mentega yang banyak , kalo ada pake minyak samin, kalo ga ada minyak samin, ya pake mentega biasa aja yang banyak, atau mentega butter gitu.

catatan: minyak samin adalah mentega dari lemak hewani (sapi, kerbau, kambing, unta) yang dimurnikan (mentega swalemak). Berasal dari kawasan timur laut anak benua India, minyak ini diproduksi secara luas di anak benua India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afrika Timur.[1]- wikipedia









Nah udah mateng tu bumbu tadi (jangan gosong, sampe kira2 mateng n harum aja)
masukkin ke Beras.

4. Nahhh ini bagian paling asyik, ha ha ha...
Tinggal cemplung cemplung , ga ribet...
Tinggal dimasukin ke berasnya (tapi jangan lupa dicuci dulu bumbu-bumbu ini, jangan masih kotor berpasir kalian asal cemplungin ha ha )
Apa aja? Nih...

Serai, Daun Salam, Pala bubuk, Kayu manis,

nah .. resep terakhir, rahasianya adalah Daun Temurui (atau org sebut daun salam koja atau daun Kari),
ini daun (katanya) khas dari Aceh, tapi rumah gw yang didaerah jawa barat, + beriklim sangat sangat tropis alias puanas banget, banyak numbuh nih daun depan rumah gw, tumbuh deket tong sampah wkwk..
emang itu mertua gw siy nanem...
sering lah org Aceh minta tu daun, kagak nanggung2, sekali minta, sampe 2 batanggg wkwk...
nih kaya begini nih...










masukin semua "dedaunan" itu ke beras tadi...

5. Masak deh beras nya di rice cooker

6. Sebentar lagi akan ada keajaiban di dapur anda hehehe... Wanginya itu loooohhh...
hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm..........

gampang kan...
mau dimakan nasinya doank kek, pake telor dadar kek, pake opor ayam kek, pake gorengan kek,
enak2 ajaahhh..
Muantapp...

oiya tu beras sebelum dimasak, mau ditambahin daging cincang, atau ikan teri, atau ayam suwir, apa ajalah, kreasikan...
mantap mantap ajaaaa

1 comment:

  1. mbak, bisa kah minta bibit daun temurui nya...saya ada di tangerang.

    trims before...

    ReplyDelete